Review Samsung Galaxy Tab A – Tablet Gaul Bagi Penggemar Sketching

Posted on
Review Samsung Galaxy Tab A – Tablet Gaul bagi Penggemar Sketching Samsung memang sejak lama sudah dikenal sebagai perusahaan tablet yang terlaris, walaupun memang perusahaan ini bukanlah yang pertama. Sejak bulan Mei tahun 2015, perusahaan elektronik raksasa ini juga meluncurkan produk tablet untuk target mid range. Tak lain tablet tersebut yakni Galaxy Tab A dengan S – Pen. Jika dilihat, maka tablet ini merupakan penerus dari tablet generasi sebelumnya yaitu Galaxy Tab S. Untuk harganya sendiri, berkisar di Rp 5.500.000,00. Tetapi Anda akan merasakan perbedaan performa antara keduanya. Mari baca selengkapnya.
Review, Harga, Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A - Tablet Gaul bagi Penggemar Sketching
Review Samsung Galaxy Tab A – Tablet Gaul bagi Penggemar Sketching

Review Samsung Galaxy Tab A

Desain Samsung Galaxy Tab A 
Desain Galaxy Tab A terlihat layaknya tablet besutan Samsung seperti umumnya. Tetapi untuk ukurannya dapat dibilang termasuk ergonomis, cocok di genggaman tangan, dengan layar sebesar 8 inch, berat 335 gr, dan ketebalan 7.5 mm. Sementara untuk material pembuatannya, Samsung Galaxy Tab A menggunakan body plastik tetapi apabila tak diperhatikan terlalu detail, nampak seperti metal. Kondisi ini tak lain karena warna dan teksturnya yang mempunyai aksen metal, jadi jika dilihat Samsung Galaxy Tab A benar-benar terlihat kokoh dan juga elegan. Anda akan menyukainya. Masih pada desainnya, pada bagian belakang atas dari bodi tablet, ada lubang yang digunakan untuk menyimpan S – Pen (Samsung Pen), di mana ini sudah satu paket. Anda tak perlu kerepotan lagi mencari tempat menyimpan S – Pen tersebut dan tak perlu takut hilang.

Tombol fungsi
Untuk tombol fungsinya, ada pada bagian sebelah kanan dari body tablet ini. Tombol fungsi tersebut antara lain microSD, SIM GSM/4G LTE, lock dan unlock button, serta tombol up down.

Display Samsung Galaxy Tab A 
Tablet Galaxy Tab A memakai U.I (User Interface) TouchWiz dengan basis Android 5.0.2 atau Lollipop, dan juga sudah menggunakan teknologi TFT capacitive touch screen dengan dukungan hingga 16.000.000 warna. Untuk resolusinya yaitu 1024 x 768 px, serta density 160 ppi. Melihat beragam keunggulan teknologi yang ditawarkan tablet ini, memungkinkan Anda bisa menggunakan Galaxy Tab A di bawah teriknya matahari, dengan cara memaksimalkan fitur brightness pada menu setting.

Berbicara mengenai user interface yang diusung, Galaxy Tab A menggunakan interface yang khas dari perusahaan Samsung. Jadi agar bisa menuju menu aplikasi general, Anda harus menjalankan menu Apps, yang berposisi pada bagian bawah sebelah kanan dari layar. Memang kondisi ini menjadikan kurang nyaman untuk digunakan, namun Anda tetap memiliki kebebasan untuk memindahkan macam-macam aplikasi yang sering dipakai menuju tampilan utama. Hal ini akan sangat membantu dan memudahkan Anda untuk menjalankan aplikasi tanpa harus repot-repot lagi.

Performa Samsung Galaxy Tab A 

Samsung Galaxy Tab A memiliki performa yang cukup lumayan, dengan prosesor Quad Core 1,2 GHz 64 bit, GPU Adreno 306, chipset Snapdragon 410, memori internal atau ROM 16 GB, RAM 2 GB. Anda juga dapat menambahkan slot microSD sampai dengan 128 GB. Sementara itu, untuk segi konektivitas, tablet ini mempunyai fitur bawaan yang cukup lengkap, misalnya Bluetooth, Wi-Fi, slot SIM card, GPS, dan sudah mendukung jaringan 4G LTE dan GSM juga.

Software Samsung Galaxy Tab A 

Di Galaxy Tab A sudah disediakan aplikasi bernama S Note. Anda bisa menggunakan Galaxy Tab A untuk menggambar sketsa, apalagi ditambah dengan S-Pen responsif, Anda akan merasa seperti menggunakan pena yang sesungguhnya ketika menggambar sebuah sketsa. Dan seperti yang Anda ketahui bahwa S-Pen ini sebelumnya juga pernah digunakan pada tablet Galaxy Note. Mungkin Anda yang sebelumnya pernah menggunakan Samsung Galaxy Note, sudah terbiasa dan tidak aneh lagi dengan fasilitas S-Pen. Memang S-Pen akan memberikan fitur unik tersendiri bagi pengguna Tablet besutan Samsung ini.

Apabila Anda ketinggalan S-Pen Anda di suatu tempat, Anda tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa menggambar sketsa dengan menggunakan mode sentuhan jari. Namun memang S-Note tak bisa mengkonversi tulisan tangan Anda ke hasil ketikan komputer, sebab fungsinya hanya untuk buku tulis saja. Sekian artikel tentang Samsung Galaxy Tab A – tablet gaul bagi penggemar sketching, salam teknologi – unduhdroid.com

Baru dibaca:

Gravatar Image
www.unduhdroid.com adalah sebuah situs yang menyediakan konten khusus seputar tips dan trik, aplikasi, games, dan review hape dan smartphone android.