Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi



Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Bermula dari pengalaman saya dimana smartphone berbasis sistem operasi Android dari Google terasa begitu boros baterai (bisa 4x charging baterai dalam sehari) meski jangka waktu penggunaan smartphone gress nya tersebut tidak terlalu sering membuat saya tercetus ide untuk menuliskan artikel ini. Untuk meminimalisir adanya praduga tidak bersalah kepada smartphone berbasis Android karena dianggap boros baterai tanpa mengetahui permasalahan bagaimana dan apa yang menguras lama waktu pemakaian smartphone Android kamu berikut ini adalah cara mudah menghemat baterai Android anda.

Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi
  • Sesuaikan Brightness Layar Anda

Tidak perlu dipungkiri lagi, salah satu device yang paling banyak memakan baterai adalah layar/display. Untuk lebih menghemat baterai, coba setting agar Display seredup mungkin sampai batas mata anda masih bisa melihat dengan jelas Display tersebut. Jangan terlalu gelap karena hal tersebut malah membuat mata anda menjadi sakit. Penghematan baterai memang penting, tetapi kesehatan mata masih jauh lebih penting dari baterai.

  • Setting Quick Screen Timeout

Setting ini akan mematikan layar Android seusai dengan waktu yang Anda tentukan terlebih dahulu. Untuk mnyettingnya dapat Anda lakukan melalui menu Setting. Cara ini membantu menghemat baterai android ketika sudah tidak digunakan. Semakin lebar layar android Anda, semakin kami sarankan untuk Anda mengaktifkan fitur ini. Karena layar menjadi salah satu penyumbang pemborosan baterai.

  • Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

 Pada ponsel Android, saat Anda membuka Web, hal ini juga berjalan di latar belakang, dan ketika aplikasi berjalan di latar belakang maka akan Mengkonsumsi banyak daya baterai dan Memperlambat kecepatan dalam memproses sesuatu di Ponsel Android Anda. disarankan untuk menutup browser secara manual. Proses ini jauh lebih sederhana pada Android 4.0 keatas, Untuk gingerbird ada App disebut “Advance Task Killer” yang memungkinkan Anda untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. tips ini tidak hanya akan Meningkatkan Umur Baterai Anda, tetapi juga akan Menambah Kecepatan Ponsel Android Anda. [Cara Menutup aplikasi yang baik dan benar >> Baca Lebih lanjut… ]

  • Ketika Mengisi Baterai  

Isi baterai Anda hanya ketika Anda mendapatkan Pesan Baterai Bendah. Biasanya Anda hanya harus mengisi baterai Anda ketika memiliki kekuatan 15% dan pastikan Anda mengisinya sampai 100%, Juga non aktifkan semua layanan yang tidak digunakan saat pengisian, hal ini akan mempercepat proses pengisian dan membuat baterai android anda lebih awet.

  • Matikan fitur bluetooth,kamera, koneksi internet, WIFI,GPS 

Jika tidak diperlukan ,dan lain-lain. Terutama jika baterai sudah hampir habis. Gunakan GPS jika hanya diperlukan ketika Anda ingin memastikan posisi Anda berada atau ketika suatu aplikasi semisal sosial media membutuhkannya untuk membantu mengupdate keberadaan Anda.Demikian juga bluetooth, seringkali kita lupa mematikan bluetooth ketika usai menggunakannya untuk bertukar data. Selain untuk menghemat baterai, penonaktifan bluetooth juga penting ntuk menjaga keamanan perangkat Android Anda.
Kedua fitur di atas adalah fitur terbesar penyumbang cepat borosnya baterai.

  • Matikan Animasi

Tampilan yang beranimasi (bergerak) memang terlihat indah, namun hal tersebut akan membuat CPU bekerja ekstra yang pada akhirnya membuat baterai menjadi boros. Untuk menghemat baterai Android, sebaiknya Anda mematikan semua fitur animasi, misalnya fitur live wallpaper.

  • Pakailah widget seminim mungkin

Semakin banyak widget akan semakin banyak aplikasi yg berjalan di background,sehingga akan banyak menghabiskan ram yang akan ke daya batrei juga.

Selamat mencoba ^.^



Tips Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi


Share